TIPS PASANGAN SELESAIKAN MASALAH DALAM KELUARGA


Dalam tiap perkawinan, tak selamanya semua berjalan mulus. Ada beberapa fase yang biasanya dilewati oleh tiap-tiap pasangan.

Tak ada salahnya untuk mempelajari fase-fase yang akan dihadapi agar bisa mencegah hal-hal buruk yang akan terjadi nanti. Berikut fase-fase dalam sebuah pernikahan yang diungkapkan seorang psikolog sekaligus konselor pernikahan Dr. Joseph Abraham.

Fase Bulan Madu
Ini adalah fase di bulan-bulan awal pernikahan. Rasa ketertarikan termasuk kegiatan bercinta masih sangat aktif. Pasangan hidup dalam kebahagiaan, seperti di negeri dongeng.

Fase Akomodasi
Fase ini dimulai sekitar 6 bulan pertama pernikahan. Pasangan mulai kembali ke dunia nyata di mana gelombang kecil pernikahan mulai timbul. Banyak hal-hal yang harus dikompromikan di antara keduanya, namun komunikasi adalah kunci utama untuk menyelesaikan fase ini dengan baik, sehingga sebuah kata sepakat bisa tercapai.

Fase Tantangan
Pasangan mulai dihadapkan dengan berbagai masalah yang timbul dari mereka sendiri, atau keluarga. Harapan-harapan yang terlalu tinggi terhadap pasangan akan menjadi bumerang dalam sebuah pernikahan. Dalam fase ini, pertengkaran akan terjadi jika komunikasi mulai berjalan kurang lancar. Terkadang pihak ketiga yang bersifat netral diperlukan untuk menyelesaikan masalah.

Fase Persimpangan
Saat masalah yang terjadi tak juga dapat diselesaikan dengan baik dan cenderung berujung pada pertengkaran tiada akhir, pasangan mulai dihadapkan dengan pilihan. Apakah pernikahan layak dipertahankan atau malah diakhiri.

Namun terkadang persimpangan yang dihadapi tak seburuk itu, karena masalah keuangan, keluarga dan sebagainya dapat diatasi dengan rasa pengertian dan komunikasi yang baik dari kedua pihak. Banyak pasangan mempertimbangkan di mana mereka harus tinggal, masa depan anak dan sebagainya.

Fase Terlahir Kembali
Fase ini adalah keadaan saat pasangan merasakan ketenangan kembali setelah berhasil menghadapi aneka tantangan hidup. Mereka seakan terlahir kembali bak pasangan baru. Tak jarang pasangan yang sengaja 'menikah kembali' (merayakan ultah pernikahan besar-besaran) untuk merayakan kelanggengan hubungan mereka setelah melalui 'badai'.

0 Response to "TIPS PASANGAN SELESAIKAN MASALAH DALAM KELUARGA"

Posting Komentar